Dibalik Logo-Logo Mobil [Bag.2]

Logo Abarth merupakan zodiac dari pendiri Abarth, Carlo Abarth, sebuah kalajengking. Pabriknya didirikan di Turin, Itali dengan 35 pegawai. Perusahaan ini pada tahun 1971 merupakan bagian dari Fiat Grup yang didirikan pada 15 April 1949.



Alfa RomeoMerupakan mobil buatan Itali yang bermarkasi di Turin. Perusahaan ini berdiri tahun 1910. Logo salib & ular naga bermahkota melambangkan perjuangan prajurit Milan yang mempertahankan kotanya saat terjadi perang salib. Saat ini Alfa Romeo merupakan induk dari Fiat Grup.
BuickMobil Buick berasal dari Amerika. Didirkan oleh seorang pebisnis persolin yang bernama David Dunbar Buick. Emblem Buick terdiri dari 3 perisai, masing-masing membagi dua secara diagonal di sebelah kanan oleh suatu garis lurus, perisai-perisai mengatur menyentuh satu sama lain di suatu pola diagonal kanan, di dalam suatu lingkaran. Jika diwakili oleh warna, perisai paling kiri adalah merah, ditengah putih, & paling kanan berwarna biru, walau putih kadang-kadang direpresentasikan dengan abu-abu putih. Desain ini dikenal sebagai Trishield, digunakan di tahun 1959 untuk model tahun 1960 dan mewakili; menunjukkan ke tiga model-model tahun tersebut—LeSabre, Invicta, dan Electra. Perisai-perisai itu diadopsi dari perisai dari jambul keluarga Buick, yang di dalam wujud yang dimodifikasi telah digunakan di Buicks sejak 1930-an.
CadillacMobil yang berasal dari Amerika Serikat ini didirikan tahun 1902 oleh Henry M. Leland. Perusahaan yang merupakan bagian dari General Motors ini bermarkas di Detroit, Michigan. Slogan Cadillac pada saat ini adalah Life, Liberty & The Pursuit. Simbol Cadillac agak rumit, symbol ini diambil dari lambing Antoine La Mothe Cadillac. Sama seperti sejarah dari Antoine la Mothe Cadillac sebagai pelopor, demikian juga mobil Cadillac menandakan usaha kepeloporan nyata di dalam dunia motor.
ChryslerBerasal dari Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1925 & bermarkas di Auburn Hills, Michigan. Pentastar diciptakan tahun 1962 ketika Chrysler Corporation President Lynn Townsend memutuskan perusahaan memerlukan symbol baru untuk mewakili semua merk perusahaan. Townsend ingin symbol yang kuat, kelihatan klasik yang langsung dapat dikenali, tapi juga universal—Tanpa kata-kata tertulis—yang memungkinkan digunakan di seluruh Negara dan seluruh etnis.
CITROENMobil asal Prancis ini didirikan oleh Andre Citroen. Banyak yang mengira logo kumis bertingkat pada mobil ini memiliki makna filosofis. Andre Citroen, sang pendiri mengatakan, “enggak ada artinya tuh! hanya gambar mata gigi,” Citroen mulanya memang memulai usaha sebagai pembuat roda gigi.
HoldenMobil asal negeri kangguru ini didirikan pada tahun 1856 oleh James Alexander Holden. Logo Holden, singa & batu, seperti diketahui, memiliki peranan vital dalam membentuk identitas Holden. Logo ini merujuk pada dongeng prasejarah, dimana seekor singa menggelindingkan batu yang memunculkan penemuan akan roda.
JaguarMerupakan produsen asal Inggris yang didirikan pada tahun 1922 sebagai swallow sidecar company oleh William Lyons. Dipercaya simbol Jaguar melompat melambangkan kekuatan, kecepatan & ketangkasan dari mobilnya
LadaIni merek mobil loh, bukan bumbu masakan :) Lada logo adalah gambar perahu Viking & secara luas digunakan oleh AvtoVaz (nama asli Lada). Mobil ini buatan Soviet, karena itu ketika jaman perang dingin masih ada jangan naik mobil ini ke Amerika, ada beberapa kasus ketika pompa bensin di Amerika tidak mau melayani pemilik mobil Lada karena sentiment anti Soviet.
Lotus
Bermarkas di Hethel, Norfolk, Inggris. Tulisan diatas logo adalah inisial pendiri Lotus, Anthony Colin Bruce Chapman. Tidak diketahui kenapa Chapman memilih Lotus untuk nama perusahaannya. Hijau adalah The famous British Racing Green, dikenakan oleh motor balap inggris, dan latar belakang kuning adalah hari yang cerah yang Chapman harapkan untuk perusahaannya. Sekarang Lotus berada dibawah kepemilikan PROTON Malaysia.
MasseratiMerupakan salah satu produsen penting di Itali. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1914 & bermarkas di kota Bologna. Perusahaan ini merupakan bagian dari Ferrari & Fiat. Seperti kasus Alfa Romeo, Logo Maserati menandakan tanda kota. The trident adalah symbol tradisional untuk kota Bologna, dimana mobil Maserati dibuat sebelum mereka pindah ke Modena.
MazdaSayap burung camar yang terbuka lebar sebagai simbol kreatifitas, kepekaan terhadap sebuah misi dan fleksibilitas.

MitsubishiMerek ini pertama kali mengeluarkan mobil pada tahun 1937. Tiga berlian yang menjadi logo mobil Mitsubishi merupakan persamaan dari baling-baling kapal laut. Pasalnya, pada 1870, perusahaan ini bergerak di industri kapal laut. Baru pada 1917 Mitsubishi membuat mobil.
PeroduaMerupakan produsen mobil kedua asal Malaysia setelah Proton yang didirikan pada tanggal 27 Agustus 1994. Pabriknya berlokasi di Serendah, Selangor. Perodua merupakan singkatan dari Perusahaan Automobil Kedua. Logo yang baru tetap memakai P dan 2, dan memakai warna lama & dibuat lebih stylis agar kelihatan lebih cair & dinamis merepresentasikan kualitas baik dan kehandalan. Warna hijau menyimbolkan tanggung jawab social terhadap lingkungan & komunitas, sementara warna merah menyimbolkan pengembangan dari pekerja yang kompeten dalam menemui tantangan-tantangan di dalam globalisasi.
PeugeotMerupakan salah satu produsen utama dari Prancis. Perusahaan ini merupakan bagian dari PSA Peugeot Citroen yang bermarkas di Paris. Pada awalnya Peugeot hanyalah pabrik sepeda pada akhir abad ke-19. Gambar singa terpilih menjadi logo Peugeot. Logo ini berasal dari lambang kota Belfort, Prancis. Kota yang bersebelahan dengan Jerman & Swiss ini punya arti penting karena salah satu produk awal mobil Peugeot diberi nama Lion-Peugeot.

PorscheDikenal sebagai pembuat mobil kenceng berlokasi di Stuttgart, Jerman. Bersama dengan Volkswagen melahirkan mobil legendaris Jerman yaitu VW kodok. Logo mobil karya Ferdinand Porsche ini mengambil lambang benteng pertahanan Stuttgart & pasukan kerajaan Wurtenberg yang didominasi oleh garis-garis berwarna hitam dan oranye.
RenaultBerlian terpilih sebagai logo Renault. Awalnya khusus di bonet sebagai penutup klakson. Tahun 1922 bagian tengah berliannya dilubangi agar suara klakson bisa terdengar lebih nyaring. Dua tahun kemudian bentuknya berubah agak membulat hingga sekarang.
Rolls RoyceProdusen ini merupakan sebuah himpunan perusahaan mobil & pesawat terbang Britania yang didirikan oleh Henry Royce & C.S. Rolls pada tahun 1906 & bermarkas di kota Derby. The Rolls Royce logo terdiri dari 2 huruf R yang merupakan kepanjangan dari Rolls and Royce.
SaabSaab merupakan kepanjangan dari Svenska Aeroplan Aktiebolaget yang didirikan pada tahun 1937 untuk memproduksi pesawat terbang. Pada tahun 1946 mobil perdana diluncurkan. Markas Saab saat ini berada di kota Linkoping. Kepala Griffen berasal dari lambang Count von Skane, yang digunakan sebagai simbol dari provinsi Skane, Swedia dimana Saab didirikan.
SubaruDikenal sebagai pembuat mobil sport yang bermarkas di Ota, Gunma, Jepang. Didirikan pada tahun 1953 & merupakan bagian dari Fuji Heavy Industries. Asal kata Subaru adalah mutsutaboshi yang artinya enam bintang berkelompok. Sama dengan rasi Taurus yang dikenal dengan nama Pleiades. Lima bintang juga menandakan 5 perusahaan yang membentuk Subaru.
VauxhallBerasal dari Inggris didirikan pada tahun 1903 & bermarkas di kota Luton. Emblem Grifin yang masih digunakan, berasal dari lambang Faulke de Breauté, prajurit sewaan yang dihibahkan Manor of Luton untuk mengabdi dengan King John di abad ketigabelas. Melalui pernikahan, dia juga mendapatkan hak atas area dekat London, selatan Thames. Rumah yang dia bangun, Fulk’s Hall, yang dikenal waktu itu sebagai Vauxhall. Vauxhall Iron Works mengadaptasi emblem ini untuk memberi kaitan dengan area lokal. Ketika Vauxhall Iron Works pindah ke Luton tahun 1905, Emblem Griffin secara kebetulan kembali ke nenek moyangnya.

1 komentar:

http://prediksiskorbola17.com/prediksi-ac-milan-vs-juventus-21-september-2014/

Posting Komentar