Dibalik Logo-Logo Mobil [Bag.1]

          Bentuk & model mobil selalu berubah-ubah tapi ada satu hal yang nyaris abadi yaitu logo. Banyak orang yang cinta mobil tertentu namun hanya sedikit orang yang tahu sejarah dari logo mobil tersebut. Logo tak hanya sekedar simbol identitas visual suatu produk otomotif tapi juga punya fungsi penting memperkenalkan produk ke pasar dunia. Yang jelas ada maksud tertentu atau kisah di balik sebuah logo yang bisa membuat penasaran. Ini cerita & fakta menarik di balik logo mobil.

 Mercedes Benz, logo bintang segitiga Mercedes punya arti khusus dominasi perusahaan yang meliputi darat, laut, & udara. Sedangkan nama Mercedes berasal dari seorang pengusaha Austria dan pecinta otomotif Emil Jellinek. Dia memiliki seorang anak bernama Mercedes. Jellinek tak hanya menjual mobil Daimler Motored Gesellschaft (DMG) namun berpartisipasi dalam balap motor pertama di Jerman. Saat itu dia mengendarai kendaraan yang dibuat DMG di balik nama samarannya, Mercedes. Saat itu Mercedes merujuk ke nama tim dan pengemudi. Namun saat ini Mercedes adalah hasil merger dua perusahaan mobil Daimler Motored Gesellschaft atau  DMG, yang didirikan oleh  Gottlieb Daimler & Wilhelm Maybach serta Benz & Cie yang didirikan oleh Karl Benz. Logo saat ini bintang dalam lingkaran diperkenalkan untuk pertama kalinya di 1937.
Audi, insinyur Jerman August Hoch mendirikan perusahaan A. Horc & Cie pada 1899. Satu dekade kemudian dia terpaksa hengkang dari perusahaan yang didirikannya. Tak patah arang bersama patner bisnisnya Franz Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru. Ketika mendiskusikan nama perusahaan barunya putra Fikentscer yang sedang belajar Bahasa Latin di sudut ruangan menanyakan arti ‘audiatur et altera pars’ bukankah ide bagus untuk menyebutnya Audi bukannya Horch?Kata ‘Horc’ adalah singkatan dari kata ‘mendengar’ dalam Bahasa Jerman. Sementara Audi adalah kata latin yang juga berarti ‘mendengar’. Kemudian pada tahun 1932 empat perusahaan yakni Audi, Hoch, DKW & Wanderer merger menjadi satu perusahaan Auto Union. Kemudian dipilihlah logo berupa empat cincin yang bertautan simbol penyatuan empat perusahaan yang jadi kebanggaan mereka hingga saat ini.
BMW, berwujud lingkaran terbagi empat dengan dua warna, putih dan biru langit berselang-seling. Itu melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru. Simbol itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok utama mesin pesawat terbang misalnya ‘Red Baron’ untuk pemerintah Jerman selama Perang Dunia I. Pada tahun 1918 ketika perang dunia berakhir pemerintah Jerman menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW. Kondisi tak punya pilihan saat itu justru membuat BMW berkreasi. Arah bisnis berubah. Perusahaan tersebut mulai dengan membuat rem kereta api, lalu sepeda bermotor & mobil yang mendunia.
Chevrolet, ada dua kisah mengenai logo Chevrolet, ‘bowtie’. Yang pertama pendiri perusahaan William C Durant terinspirasi kertas pelapis dinding di sebuah hotel di Perancis. Dia merobeknya untuk dijadikan logo. Versi cerita berbeda datang dari istrinya. Dikatakan, inspirasi emblem bowtie datang dari sebuah surat kabar Virginia ketika mereka berlibur di daerah Hot Springs, Virginia, sekitar tahun 1912.

Ferrari, simbol ‘Cavallino Rampante’  alias kuda jingkrak Ferrari ternyata punya cerita menarik. Simbol itu aslinya adalah emblem para penerbang Italia dalam Perang Dunia Kedua. Simbol itu dipakai juga Franceco Baracca – penerbang Italia yang gugur dalam perang. Ketika Enzo Ferrari memulai perusahaan mobil miliknya dia  menggunakan logo tersebut di mobil balap Alfa Romeo atas dorongan orang tua Baracca. Kemudian, ‘kuda jingkrak’ tak hanya dipasang di mobil Ferrari. Popularitasnya melebihi yang diperkirakan. Kini logo Ferrari bisa ditemukan di sepeda, kaos dsb.


Fiat, pada tahun 1899 perusahaan bernama “Fabbrica Italiana Automobili Torino” atau disingkat Fiat didirikan di Turin. Poster khusus dicetak untuk merayakan hari itu. Di kiri atas poster terdapat gambar seniman lengkap dengan perkamen kecil berisi nama perusahaan itulah  logo pertama Fiat.
Logo itu kemudian mengalami beberapa modifikasi hingga saat ini. Dalam ulang tahun ke 100 Fiat, pada tahun 1999 diperkenalkan logo baru berlapis krom dengan karakteristik khusus pada huruf ‘A’ dengan latar belakang biru. Logo baru Fiat baru pertama kali digunakan pada Bravo, pada tahun 2006. Logo baru mewakili visi Fiat sebuah merek yang fokus terhadap tantangan di masa depan tetapi juga bangga dengan identitas historisnya.


Ford, logo mobil asal Amerika Serikat ini sederhana, dengan huruf ‘Ford’ yang ditonjolkan. Logo ini telah digunakan lebih dari 50 tahun. Bentuk huruf ini diperkenalkan Harold Wills rekan dekat Henry Ford. Ketika remaja Wills mencari uang dengan membuat kartu nama. Ketika rekannya Henry Ford mencari logo untuk perusahaannya Wills menyodorkan set cetakan tuanya & model huruf yang digunakan di masa remajanya untuk mencetak kartu nama. Tahun 1912 lingkaran oval ditambahkan dalam logo Ford. Pada tahun 1927 logo juga mengalami perkembangan warnanya menjadi biru. Logo terakhir oval biru ini dirilis tahun 2003 untuk menghormati 100 tahun Ford Motor Company.

Lamborghini, pendiri perusahaan Ferrucio Lamborghini adalah penggila  matador sampai-sampai memilihnya sebagai logo perusahaan mobilnya. Banyak mobil Lamborghini yang diberi nama banteng yang telah mendapatkan penghargaan dalam event-event dunia.




Renault, didirikan oleh Louis Renault ketika baru berusia 21 tahun. Logo pertama perusahaan adalah tiga huruf depan Renault bersaudara, Louis, Ferdinand & Marcel. Perusahaan ini juga punya logo khusus untuk tank militer setelah tank ringan produksi perusahaan Renault FT-17 digemari selama Perang Dunia I. Logo bentuk berlian diperkenalkan pada tahun 1925 & didesain ulang pada tahun 1972 oleh desainer terkenal Victor Vasarely. Logo yang berlaku saat ini berlian dikelilingi persegi kuning adalah simbol kualitas.



Volkswagen, sederhana tapi mengena, itu yang menggambarkan logo mobil Volkswagen. Logo VW adalah adalah satu logo mobil yang paling sederhana & cepat dikenal di dunia. Logo berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang lingkaran warna biru. Volkswagen dalam Bahasa Jerman berarti ‘mobil rakyat’. Logo ini diperoleh dari hasil kompetisi yang dimenangkan Franz Reimspiess.Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik dimulai pada 1930-an, era Nazi Jerman. Adalah ide Hitler untuk memulai produksi mobil dengan harga terjangkau untuk masyarakat. Hitler & Ferdinand Porsche mengeluarkan ide mobil kumbang Volkswagen yang bisa membawa dua orang dewasa & tiga anak kecil. Namun, pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak memproduksi kendaraan militer ketimbang mobil untuk rakyat (membuka kedok di balik maksud Hitler sebenarnya). Pasca kekalahan Jerman dalam perang, Inggris mengambilalih pabrik Volkswagen & mencoba menjualnya.Awalnya orang-orang menolak desain kumbang VW yang dianggap inferior. Namun VW berhasil membuktikan dirinya, Volkswagen Beetle menjadi salah satu mobil terlaris di dunia.
Volvo, berarti ‘saya berputar’ dalam bahasa latin. Kata Volvo berasal dari kata latin ‘volvere’ yang berarti berputar. Logo Volvo adalah  simbol kuno untuk besi yakni lingkaran dengan anak panah menunjuk ke atas secara diagonal ke kanan. Simbol ini juga merepresentasikan ‘Mars’ dewa perang. Mobil Volvo juga secara tradisional dikenal untuk fitur keselamatan.
Simbol kuno besi digunakan untuk juga mencerminkan tradisi kuat industri besi Swedia. Logo Volvo terpasang di atas latar belakang biru.


Hyundai, perusahaan mobil Korea Selatan ini memiliki slogan ‘Drive your way’ ini memiliki logo huruf ‘H’ dikelilingi bentuk oval menggambarkan keinginan kuat perusahaan untuk mendunia. Huruf H yang miring dan bergaya, juga menggambarkan simbol dua orang (representasi perusahaan & pelanggan) sedang berjabat tangan.



Toyota, dari kejauhan logo Toyota mirip  huruf ‘T’ yang berarti “Toyota”.
Namun jika diamati lebih dekat logo mobil Jepang itu terdiri dari tiga bentuk oval. Dua oval yang saling bertautan menyerupai huruf ‘T’ merepresentasikan hubungan saling menguntungkan & saling mempercayai antara pelanggan & Toyota. Latar belakang oval yang lebih besar menggambarkan perkembangan kemajuan teknologi & kesempatan tak terbatas bagi perusahaan untuk terus maju.
Bersambung.......

0 komentar:

Posting Komentar